Bersihkan Sungai Mahakam, Kodim 0901/Samarinda Kerahkan Excavator Terapung

Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama Letkol Czi Eko Supri Setiawan menyaksikan pengerukan sampah dan gulma di Sungai Mahakam. (ist)

Samarinda, reviewsatu.com – Guna menjaga kebersihan lingkungan di aliran Sungai Mahakam, Kodim 0901/Samarinda melaksanakan Karya Bakti di Dermaga Pasar Pagi kota Samarinda.

Berbeda dengan hari Jumat lalu, kali ini Kodim 0901/Samarinda mengerahkan alat berat excavator apung yang berfunsi sebagai pengeruk sampah dan Gulma, Rabu (15/2/23).

Proses pembersihan Sungai Mahakan dari sampah dan gulma.

Karya Bakti bersih-bersih Sungai Mahakam di Dermaga Pasar pagi dipimpin Dandim 0901/Samarinda Letkol Czi Eko Supri Setiawan yang juga dihadiri Wali Kota Samarinda Andi Harun ST. Tampak pula Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda Suwarso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nurrahmani dan Camat Samarinda Kota Anis Siswantini.

Kegiatan yang diawali dengan apel yang dipimpin Dandim 0901/Samarinda Letkol Czi Eko Supri Setiawan. Karya Bakti ini melibatkan unsur TNI, Pori, BPBD Kota Samarinda, DLH kota Samarinda, Kecamatan, PPM, FKPPI, Relawan Kota Samarinda dan masyarakat.

Eko Supri mengatakan, sungai merupakan aset yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat, pasalnya Sungai Mahakam sangat berperan penting untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari masyarakat, apalagi Dermaga Pasar Pagi mempunyai peranan penting ekonomi kota Samarinda dan merupakan tujuan wisata air khas Kalimantan Timur.

“Namun pada kondisi saat ini, banyak sungai yang tercemar oleh sampah dan Gulma (Enceng Gondok), sehingga kami Kodim 0901/Samarinda tergerak untuk membersihkan agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan ekonomi maupun rekreasi,” ujarnya.

Dandim berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sungai.

“Mari kita hidupkan kembali sungai yang bersih agar dapat bermanfaat buat kita semua dan kebersihan sungai patut kita jaga,” tegas Dandim. (*/dah)