Distransnaker Gelontorkan Rp 5,5 Miliar untuk Pelatihan Tenaga Kerja

distransnaker

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kutai Kartanegara (Distransnaker Kukar) saat ini sedang gencar melakukan pelatihan kepada masyarakat demi mencapai target yang dicanangkan 1.200 orang pada tahun 2022 ini.

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Distransnaker Kukar, Achmad Hardi Dwi Putra. Ia menuturkan bahwa dalam APBD Kukar 2022 ini sebanyak Rp 5,5 miliar untuk 300 masyarakat Kukar untuk pelatihan dibidang pertambangan. Seperti pelatihan operator alat berat, mekanik alat berat, serta ditambah 180 orang untuk perluasan pelatihan, seperti pelatihan menjahit dan tata boga.

“Dalam rangka mendukung visi misi (Kukar Idaman) 2021-2026, ditargetkan 1.200 orang pertahun,” ucap Hardi, Senin (3/10/2022).

Sebab anggaran terbatas, Hardi menguraikan bahwa akan menggandeng sejumlah pihak seperti beberapa perusahaan pertambangan yang ada di Kukar. Tepatnya di Kecamatan Tenggarong Seberang, Muara Badak, Marangkayu, Sangasanga, dan Anggana.

Hardi melanjutkan, total per September 2022 ini, Distransnaker Kukar mencatat sudah ada 194 orang yang mengikuti pelatihan.

“Yang sudah bekerja sebanyak 88 orang, masuk dalam daftar panggilan 12 orang serta yang magang sebanyak 10 orang. Sedangkan yang belum bekerja sebanyak 44 orang dan sedang mengikuti pelatihan 40 orang,” ungkapnya.

Selain itu juga, Desa Handil Terusan yang berada di Kecamatan Muara Jawa mengalokasikan ADD mereka untuk menyelenggarakan pelatihan. Total yang mengikuti pelatihan mekanik alat berat sebanyak 20 orang.

“Ada 8 orang kerja di Halmahera (Maluku Utara) hasil pelatihan kami,” jelasnya.

Hardi mengungkapkan, bahwa upaya untuk menekan angka pengangguran bukan semata-mata tugas pemerintah daerah saja. Namun juga perlu peran serta pihak ketiga, terlebih yang beroperasi di Kukar.

“Terbukti ada perusahan yang melakukan pelatihan di beberapa desa yang alokasikan dana desa untuk pelatihan,” pungkasnya. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)