Setahun Tak Beroperasi, Wisata Pulau Kumala Segera Dibuka Kembali

Wisata Pulau Kumala
Tempat Wisata Pulau Kumala. (net)

Kukar, reviewsatu.com – Setelah lama tak beroperasi sejak 2021 lalu, destinasi wisata Pulau Kumala di wacanakan akan kembali dibuka dan dapat dikunjungi wisatawan pada 1 September 2022.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo. Ia menjelaskan bahwa segala kendala lapangan seperti kelistrikan di Pulau Kumala juga telah diatasi pihaknya.

Bahkan, beberapa wahana seperti komedi putar sudah berfungsi dengan normal, dan akan digratiskan kepada pengunjung Pulau Kumala selama dua hari.

“Sejauh ini kendala yang terjadi kayak kelistrikan sudah rampung,” ucap Slamet saat dikonfirmasi, Rabu (31/8/2022).

Slamet mengatakan bahwa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga telah siap meramaikan kembali Pulau Kumala. Lokasi lapak pun sudah disiapkan oleh pihaknya sejak minggu lalu.

Meski begitu, terdapat wahana yang masih dalam perbaikan yakni Boom Boom Car. Walaupun dapat digunakan, namun lantaran atap wahana yang hancur dan bocor, membuat Dispar Kukar selaku pengelola Pulau Kumala mengurungkan niatnya untuk memunculkan wahana favorit pengunjung itu.

“Kita perbaiki atapnya dulu,” sebutnya.

Dibukanya Pulau Kumala, tentu dapat menjadi penyumbang penghasilan asli daerah (PAD) Kukar.

“Semoga menjadi tujuan wisata lainnya, dengan tujuan akhir menjadi PAD Kukar. Mulai dari parkir dan tiket masuk wisata dan wahana di dalamnya,” pungkasnya. (adv/vix/boy)