Abdunnur, Putra Kiai yang Terpilih Jadi Rektor Unmul

Unmul Abdunnur
Abdunnur. (Istimewa)

Samarinda, reviewsatu.com – Abdunnur resmi menjabat sebagai rektor Unmul setelah memenangkan suara dalam rapat senat tertutup, Kamis (11/8/2022).

Diketahui, Abdunnur mendapat 83 suara dari 132 suara senat melalui sistem voting. Suara tambahan juga didapat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Dirjen Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbutristek. Abdunnur berhasil mengalahkan Bohari Yusuf yang mendapat 32 suara dan M Idri dengan 17 suara.

Siapa sebenarnya sosok Abdunnur tersebut? Tim review mencoba merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Putra Kiai.
Abdunnur adalah putra bungsu ulama kharismatik Kaltim, KH Sabranity dari tiga bersaudari. KH Sabranity sendiri merupakan tokoh NU dan sempat menjadi Ketua MUI Kaltim selama lebih dari satu dekade.

2. Kader dan pengurus NU.
Meneruskan jejak ayahnya, Abdunnur ternyata juga merupakan kader dan masuk dalam struktur kepengurusan di NU Kaltim.

3. Pernah aktif di organisasi pergerakan kampus.
Tidak ada yang mengetahui bahwa Abdunnur dulunya juga pernah aktif di organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Samarinda.

4. Lulusan Nihon University, Tokyo.
2010 silam Abdunnur pernah meneruskan studi S3 dan mendapat gelar doktor.

5. Dekan Unmul Termuda.
Tahun 2013 ia menjadi dekan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) dan merupakan dekan Unmul termuda saat itu.

6. Memiliki tiga orang anak
Saat ini Abdunnur memiliki tiga orang anak dari pernikahannya bersama sang istri, Hartati. Dari pernikahannya mereka dikaruniai tiga orang anak yaitu Farah, Nanda dan Oriq.

7. Rektor termuda
Dibandingkan pendahulu sebelumnya, Abdunnur merupakan rektor dengan usia termuda yaitu 55 tahun. Ia juga dikenal stylish dalam berpenampilan sehingga membuatnya semakin terlihat lebih muda dan fresh. (cyn)