Muara Wis Berkomitmen Tingkatkan Potensi Wisata Alam

Muara Wis sedang mengembangkan potensi wisata alam.

Kukar, reviewsatu.com – Dalam upaya memajukan sektor pariwisata, Camat Muara Wis, Fadhli Annur, menunjukkan komitmennya yang tinggi untuk mengoptimalkan pengelolaan wisata alam di wilayahnya.

Kerjasama antar-sektor menjadi fokus utama dalam pengembangan potensi wisata yang ada. Salah satu destinasi wisata di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, telah menjadi contoh pengelolaan yang baik.

Desa Muara Enggelam hingga kini menjadi salah satu destinasi menarik yang wajib masuk daftar objek wisata untuk dikunjungi. Baik itu lokal maupun dari luar Kalimantan Timur. Desa ini menawarkan panorama luar biasa dan kehidupan sehari-hari yang terjalin dalam harmoni dengan kondisi geografisnya yang unik. Kendati begitu, masih banyak peluang yang menanti di desa-desa lain.

Namun, Fadhli mengakui bahwa masih banyak desa lain yang perlu mengembangkan pengelolaan wisata alam mereka. “Kita memiliki kekayaan alam yang hanya bisa dinikmati pada waktu-waktu tertentu,” ungkap Fadhli.

Menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kecamatan ini mengambil langkah aktif dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk SDM. “Kami sadar bahwa perkembangan ini membutuhkan waktu, dan tidak ada solusi cepat untuk mengatasi tantangan ini,” kata Fadhli.

Dia berharap kelompok-kelompok sadar wisata akan terus berinovasi dalam mengelola dan mempromosikan potensi wisata. Dukungan dari pemerintah desa dan kecamatan, termasuk dukungan anggaran, menjadi kunci dalam pengembangan pariwisata di Muara Wis.

Dengan komitmen yang kuat dan kerjasama yang solid, Muara Wis berpotensi menjadi destinasi wisata yang menarik dan berkelanjutan. Semua pihak diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan sektor pariwisata dan memperkenalkan keindahan alam yang dimiliki oleh wilayah ini. (Adv/Diskominfo Kukar)