Pelepasan Calon Jamaah Haji Kukar 2024 Berlangsung Khidmat

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Akhmad Taufik Hidayat zaat melepas jamaah haji Kukar.

Kukar, reviewsatu.com – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Akhmad Taufik Hidayat, bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kukar, H Nasrun, dan Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kukar, Dendy Irwan Fahriza, melepas keberangkatan calon jamaah haji Kukar 2024 setelah sholat Ashar berjamaah di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong.

Sebanyak 324 calon jamaah haji dari Kukar, termasuk 6 petugas pendamping, diberangkatkan dalam kelompok terbang (kloter) dua Embarkasi Balikpapan. Mereka diangkut menggunakan enam unit bus, ditambah satu bus cadangan.

Pelepasan ini diawali dengan pembacaan doa selamat oleh H Nasrun, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Basmalah oleh Akhmad Taufik Hidayat.

Ratusan pengantar yang merupakan kerabat dan sanak saudara calon jamaah memadati area parkir masjid, dengan wajah haru melepas keberangkatan keluarga mereka menuju Tanah Suci.

H Nasrun menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kukar atas dukungannya sehingga keberangkatan calon jamaah haji berjalan lancar.

Ia juga mengingatkan jamaah untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan menjaga kondisi tubuh karena cuaca di Makkah sedang panas.

Asisten I Akhmad Taufik berharap agar perjalanan jamaah haji Kukar lancar dan ibadah mereka diterima hingga kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur.

Ia juga menekankan pentingnya kekompakan, saling mengingatkan, tolong menolong, serta banyak berdoa dan berzikir.

“Pesan saya selalu beristighfar dan berdoa, jaga kesehatan, manfaatkan petugas kesehatan yang mendampingi,” ujar Akhmad Taufik .

Untuk diketahui, jamaah haji reguler Kukar 2024 berjumlah 546 orang yang dibagi dalam empat kelompok terbang (kloter). Kloter pertama dengan 318 orang dan 6 petugas berangkat pada 14 Mei. Kloter berikutnya berangkat pada 3 Juni, diikuti oleh kloter ketiga pada 6 Juni, dan kloter terakhir pada 7 Juni. (Adv/Diskominfo Kukar)