Muara Enggelam, Desa Wisata Terapung di Danau Melintang

Kukar, reviewsatu.com – Tersembunyi di tengah Danau Melintang, Desa Muara Enggelam adalah sebuah permata yang menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Berbeda dari desa-desa lain di Kabupaten Kutai Kartanegara, desa ini terapung sepenuhnya di atas air.

Rumah-rumah di Desa Muara Enggelam dibangun dengan keahlian khusus agar tahan lama di atas air. Masyarakat desa, yang berjumlah ratusan, mengandalkan perahu sebagai alat transportasi dan nelayan sebagai mata pencaharian utama.

Dengan keunikan ini, Desa Muara Enggelam berencana untuk mengembangkan pariwisata berbasis sumber daya alam yang dimilikinya. Inisiatif ini termasuk konversi pohon-pohon tua menjadi homestay yang menawarkan ketenangan bagi para wisatawan.

“Kami berharap kehadiran wisatawan akan meningkatkan pendapatan warga dan pendapatan desa,” ujar Madi, Kepala Desa Muara Enggelam. Rencana pengembangan juga mencakup pembangunan penginapan terapung, menambah daya tarik bagi mereka yang ingin merasakan kehidupan di atas air.

Namun, Madi menekankan pentingnya pelestarian lingkungan dalam pengembangan pariwisata. Desa Muara Enggelam berkomitmen untuk menjaga ekosistem lokal dan memastikan bahwa kegiatan wisata tidak akan merusak lingkungan.

Pengembangan ini juga akan melibatkan generasi muda, khususnya milenial, yang diharapkan dapat berkontribusi melalui kreativitas dan promosi. “Kami berharap pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melihat potensi desa kami dalam pengembangan wisata,” tutup Madi.

Desa Muara Enggelam, dengan rencana ambisiusnya, siap menyambut masa depan yang cerah dengan menggabungkan tradisi, keberlanjutan, dan inovasi. (adv)