Samarinda Menghadapi Lonjakan Harga: Solusi Jangka Panjang Dibutuhkan

Samarinda, reviewsatu.com – Kenaikan harga bahan pokok menjadi tantangan serius bagi warga Samarinda. Pasar murah yang sering diadakan sebagai jawaban atas masalah ini, menurut pandangan Kamaruddin, Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, bukanlah solusi yang efektif untuk jangka panjang.

“Pasar murah mungkin tampak membantu, namun itu tidak cukup untuk mengatasi masalah utama,” kata Kamaruddin belum lama ini.

Kamaruddin, yang berasal dari Partai NasDem, menyarankan bahwa perlu ada strategi yang lebih komprehensif untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

“Kita harus mencari cara untuk memperkuat ekonomi lokal dan memberikan warga kemampuan untuk membeli lebih banyak, bukan hanya memberikan solusi sementara,” tambahnya.

Dia juga menekankan pentingnya evaluasi yang kritis terhadap pasar murah oleh pemerintah. “Kita perlu memastikan bahwa pasar murah tidak hanya menjadi acara rutin tanpa dampak nyata,” ujar Kamaruddin.

Untuk itu, ia mengajukan beberapa rekomendasi, termasuk penciptaan lapangan kerja dan program pemberdayaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup warga.

“Langkah-langkah ini akan membantu kita mencapai solusi yang lebih permanen dan berkelanjutan,” tutup Kamaruddin. (Adv/DPRD Samarinda)