Pemkot Samarinda Galakkan UMKM dengan Inisiatif Kreatif dan Kompetitif

Samarinda, reviewsatu.com – Komisi II DPRD Kota Samarinda mengambil inisiatif untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar lebih inovatif dan kompetitif. Laila Fatihah, anggota Komisi II, menekankan perlunya dukungan yang lebih kuat dan bimbingan yang efektif untuk UMKM di Samarinda.

“Kami ingin melihat UMKM mengatasi tantangan perizinan, sertifikasi halal, dan perpajakan dengan dukungan yang lebih baik dari pemerintah dan sektor swasta,” ujar Laila.

Dia menyarankan peningkatan pendampingan dalam aspek perizinan dan perpajakan, serta mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk mereka.

Laila juga menyarankan agar UMKM mengambil kesempatan dalam event yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta untuk memperkenalkan produk mereka dan mendapatkan masukan berharga.

Muslimin, Kepala Disporapar Kota Samarinda, menyatakan dukungannya untuk UMKM dengan menyediakan lokasi di Alun-Alun Samarinda yang sedang dikembangkan.

“Kami berencana menjadikan Alun-Alun sebagai pusat kegiatan ekonomi yang mendukung UMKM dan kesejahteraan masyarakat,” kata Muslimin.

Dia berharap Alun-Alun akan menjadi pusat kuliner dan budaya yang tidak hanya mendukung UMKM tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. (Adv/DPRD Samarinda)