SDM Kesehatan di Kaltim Harus Kejar Akreditasi

Samarinda, reviewsatu.com – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati menyebut pentingnya akreditasi SDM di bidang kesehatan. Ini demi memastikan bahwa pelayanan kesehatan tidak hanya dilengkapi dengan peralatan yang memadai, tetapi juga tenaga medis yang kompeten.

“Pelayanan dasar harus memiliki sertifikasi. Dalam pelayanan kesehatan, bukan hanya alat yang cukup, tetapi juga sumber daya manusia yang mumpuni. Banyak rumah sakit memiliki peralatan canggih, tetapi tidak semua tenaga medis dapat mengoperasikannya dengan baik,” jelas Puji.

Puji Setyowati juga menyoroti pentingnya pelayanan dasar, terutama di puskesmas. Puskesmas yang dekat dengan masyarakat menjadi tempat pertama bagi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Dengan puskesmas yang baik, penumpukan pasien di rumah sakit dapat diminimalkan.

Rasio tenaga kesehatan, termasuk dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan, di Kaltim secara keseluruhan sudah cukup. Namun, tantangan utama adalah distribusi yang belum merata, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Dokter spesialis yang ditempatkan di daerah 3T sering hanya bertahan beberapa bulan karena alasan keluarga dan biaya tinggi.

Puji Setyowati menegaskan bahwa pemerintah harus merencanakan dengan matang dan menyusun rencana yang mencakup saran dan prasarana, penyiapan tenaga medis, serta pengembangan sumber daya manusia.

“Termasuk penghargaan atau reward bagi dokter spesialis yang ditempatkan di daerah terpencil harus diperhitungkan,” tutupnya. (advdprdkaltim/arf/boy)