Kukar Kirimkan Kelompok Musik Tradisional di Acara Temu Budaya Genta Nusantara III

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat menghadiri Genta Nusantara III di Bali.

Kukar, reviewsatu.com – Sebuah acara yang menghadirkan perwakilan seniman budaya dari seluruh Indonesia, Genta Nusantara III, digelar pada 2-5 November 2023 di Bali.
Acara ini mengusung tema “Keluhuran Nusantara” dan bertujuan untuk menyatukan pandangan tentang pentingnya pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah.
Salah satu yang turut hadir dalam acara ini adalah Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin.
Rendi mengatakan, Genta Nusantara III menawarkan berbagai kegiatan menarik, seperti temu budaya, pementasan seni pertunjukan, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta, dan eduwisata toleransi.
“Jadi kegiatan Genta Nusantara ini berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala,” ujarnya.
Rendi menambahkan, Kukar menjadi salah satu daerah yang mendapat sorotan di acara ini. Pasalnya, Kukar menjadi lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menjadi proyek strategis nasional.
Selain itu, Kukar juga mengirimkan salah satu kelompok musik tradisionalnya untuk tampil di Genta Nusantara III.
Rendi menegaskan, Kukar berkomitmen untuk terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokalnya agar tidak hilang.
“Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari,” katanya. (*/adv/kominfokukar_23)