Mahasiswa Poltekes Kaltim Praktikkan Ilmu lewat KKN Terpadu IPE

Poltekes Kaltim
Suasana pelepasan mahasiswa Poltekes Kaltim yang KKN di Kukar. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu – Sebanyak 299 mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kalimantan Timur akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Interprofesional Education (IPE) di Kutai Kartanegara.

Mereka terdiri dari jurusan kebidanan, keperawatan, teknologi laboratorium medik, gizi dan dietetika. Para mahasiswa itu akan berada di 32 UPTD Puskesmas yang ada di Kukar.

KKN Terpadu IPE ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang menghubungkan pembelajaran teori di kampus dengan praktik di lapangan. Para mahasiswa akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, puskesmas, dan tokoh masyarakat.

Selama KKN, mahasiwa akan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, serta mengatasi masalah kesehatan yang ada di Kukar, seperti stunting.

Pelepasan para mahasiswa ini dilakukan oleh Plt Asisten III Sekretaris Kabupaten (Setkab) Kukar, Dafip Haryanto, yang mewakili Bupati Kukar. Pelepasan ini berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, beberapa waktu lalu.

Dafip Haryanto mengekspresikan rasa senang atas kerjasama dan kolaborasi antara Poltekes Kaltim dan Pemkab Kukar dalam penyelenggaraan KKN Terpadu IPE ini. Ia berharap para mahasiswa Poltekes bisa mengaplikasikan ilmunya dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga berharap para mahasiswa bisa turut berkontribusi dalam pengentasan stunting di Kukar.

“KKN Terpadu IPE ini merupakan bagian dari konsep pengabdian kepada masyarakat, yang memadukan pembelajaran di kampus dengan implementasi yang dikolaborasikan bersama pihak terkait di masyarakat,” terangnya, Minggu (29/10/2023).

Dafip berharap semoga dengan banyaknya daya dukung, KKN ini bisa terlaksana dengan target yang telah ditetapkan perguruan tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan. (*/adv/kominfokukar_23)