Pemkab Kukar Akan Tambah 6 Bus Sekolah

bus angkutan sekolah
Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi. (ist)

Kukar, reviewsatu – Pemkab Kutai Kartanegara berencana menambah bus angkutan sekolah bagi para pelajar. Diketahui, saat ini pemerintah telah menjalankan uji coba angkutan pelajar di Kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk memahami kebutuhan masyarakat, khususnya para pelajar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Ahmad Junaidi, mengatakan, rencananya aka nada pengadaan 6 unit bus angkutan sekolah.

“Kami saat ini sedang melakukan pendataan untuk menentukan kecamatan yang memerlukan bus sekolah dan siapa yang harus diangkut,” ujar Junaidi pada Jumat (13/10/2023).

Dalam APBD-P tahun 2023, Pemkab Kukar akan menganggarkan dana untuk pengadaan 6 unit bus sekolah. Bus tersebut akan memiliki kapasitas 30 kursi dan 19 kursi, dan saat ini sedang dalam tahap pabrikasi.

Rencananya, bus-bus ini akan beroperasi pada tahun 2024 dan akan melayani pelajar dari tingkat SD hingga SMA.

“Kami telah menganggarkan satu unit bus di Loa Tebu tahun ini, dan dalam revisi APBD-P, kami akan menganggarkan enam unit lagi,” papar Junaidi.

Terkait pengelolaan bus sekolah, Junaidi menjelaskan bahwa tanggung jawabnya akan diserahkan kepada pemerintah kelurahan dan desa penerima bantuan.

Namun, ia berharap agar para penerima bantuan juga dapat melibatkan swakelola dalam operasional bus sekolah ini, untuk meningkatkan keselamatan pelajar dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang seringkali melibatkan mereka. (*/adv/kominfo_23)