DKP Kukar Akan Bangun Tiga Tempat Pelelangan Ikan

Kadis DKP Kukar, Muslik (Istimewa)

Kukar, reviewsatu.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muslik mengungkapkan bahwa pihaknya berencana pembangunan tiga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru di tiga wilayah berbeda di Kukar pada tahun 2023 ini.

Dirinya berharap dengan adanya pembangunan TPI ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi sektor perikanan di Kabupaten Kukar.

Ia mengatakan, ketiga TPI tersebut akan dibangun di tiga titik berbeda, yakni di Kecamatan Anggana, Samboja, dan Kota Bangun. Meskipun bangunan fisik TPI di Kota Bangun telah ada, Dinas DKP akan menambahkan beberapa fasilitas seperti dermaga tambak.

“Yang di kota bangun itu sebenarnya sudah ada bangunan fisiknya. Cuman kita menambahkan beberapa fasilitasnya, seperti dermaga tambaknya kita perbesar,” ucap Muslik.

Muslik mengaku bahwa 3 TPI ini dipastikan akan rampung pengerjaannya pada tahun 2023 ini. Untuk proses pembangunannya sendiri disebutnya telah pada tahapan pembangunan fisik.

Dengan pembangunan TPI ini, ia berharap nantinya fasilitas ini dapat difungsikan dengan baik. Mengingat biasanya menyatukan para nelayan ke satu tempat pelelangan menjadi tantangan tersendiri. karena mayoritas dari mereka merasa enggan untuk mengisi lapak di TPI. Lantara telah nyaman di lapak masing-masing.

Akan tetapi, pihaknya mengaku optimis, TPI ini dapat di fungsikan dengan baik oleh para nelayan. Tinggal bagaimana sosialisasi digalangkan, untuk mengajak para nelayan pindah untuk mengisi TPI.

“Tentunya harapan kita, ketika TPI ini terbangun. Bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan,” pungkasnya. (adv/jat/boy)