Hadirkan Grup Band Kotak, KPU Kaltim Luncurkan Tahapan Pilgub 2024 pada 30 April 2024 di GOR Sempaja

Samarinda, Reviewsatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim terus melakukan persiapan menuju pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Salah satunya dengan menjadwalkan peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) tahun 2024.

Acara peluncuran yang nantinya dilaksanakan di GOR Kadrie Oening Sempaja, Kota Samarinda itu bakal dimeriahkan grup band Kotak serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat

“Untuk jadwal acara peluncuran akan dilaksanakan pada hari Selasa 30 April 2024 ini. Acaranya mulai pukul 19.00 Wita di Lapangan Parkir Gelora Kadri Oening, Sempaja, Samarinda,” ungkap Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Abdul Qoyim Rasyid, Rabu 24 April 2024.

Dalam acara tersebut, kata Qoyim, KPU Kaltim juga akan meluncurkan jingle dan maskot Pilgub 2024.

Jingle berjudul Sumbang Suara yang diciptakan oleh Riyan Utomo dan Zulfikar Muhammad Nugroho terpilih sebagai juara pertama.

Kemudian, maskot yang bernama Anggi, karya Topo Broto, yang menjadi pemenang pertama.

Anggi yang merupakan representasi dari anggrek hitam, flora khas diharapkan dapat menjadi ikon yang mewakili keunikan dan kekayaan alam Kalimantan Timur.

“Jingle dan maskot yang dinobatkan sebagai pemenang pertama dijadikan simbol Pilgub Kaltim 2024,” kata Qoyim lagi.

Qoyim mengaku, telah menyiapkan segala tahapan acara untuk peluncuran tahapan Pilgub Kaltim 2024.

Ada beberapa yang terlibat dalam peluncuran tersebut, diantaranya perwakilan dari seluruh partai politik, KPU kabupaten dan kota se-Kaltim yang akan bergabung dalam acara ini, serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses demokrasi. Kami ingin acara ini tidak hanya meriah tetapi juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur,” ujarnya.

KPU Kaltim juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan penyelenggara acara untuk menjamin keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.

“Kami menggunakan jasa event organizer (EO) profesional, sehingga semua aspek keamanan dan perizinan keramaian telah tertangani,” jelas Qoyim.

Pihaknya optimistis bahwa peluncuran tahapan Pilgub Kaltim 2024 akan menjadi momentum penting, terutama dalam membangkitkan semangat demokrasi bagi seluruh masyarakat di Bumi Etam.

“Dengan semakin banyaknya kesadaran masyarakat, diharapkan Pilgub Kaltim 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” serunya.

Guna memeriahkan acara tersebut, Qoyim mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara peluncuran ini.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam demokrasi tidak hanya saat pemungutan suara saja, tetapi juga terlibat aktif dalam setiap tahapan pemilu. Sehingga, dengan semakin banyaknya keterlibatan masyarakat, maka semakin tinggi juga kualitas demokrasi di Indonesia, terutama di Provinsi Kaltim.

“Acara ini tidak dipungut biaya, gratis. Silakan masyarakat untuk hadir dalam acara tersebut. Kami sangat berharap agar peluncuran tahapan Pilgub menjadi seruan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah, dengan target partisipasi melebihi angka 80 persen,” tandasnya. (is/dah)