Peningkatan Jalan Utama Kecamatan Tabang Ditargetkan Rampung Tahun Ini

jalan di Tabang.

Kukar, reviewsatu.com – Komitmen Kutai Kartanegara untuk memperbaiki konektivitas antar daerah terus berlanjut, dengan fokus saat ini pada Kecamatan Tabang. Proyek peningkatan jalan dari Desa Umaq Dian ke Desa Muara Pedohon diharapkan selesai pada tahun 2024.

Rakhmadani Hidayat, Camat Tabang, menyatakan, “Tahun ini, kita akan memulai pembetonan sepanjang 1 km dari Desa Muara Pendohon ke Desa Umaq Dian, yang telah dianggarkan untuk tahun 2024. Bagian yang belum selesai akan diajukan dalam anggaran perubahan.”

Jalan yang sedang diperbaiki ini dianggap penting untuk mendukung perdagangan dan mobilitas penduduk di Kecamatan Tabang. “Ini adalah arteri utama kecamatan,” kata Rakhmadani Hidayat.

“Kondisi jalan saat ini adalah soil cement. Kami berharap, dengan anggaran tahun 2024 atau melalui anggaran perubahan, pembetonan jalan ini dapat diselesaikan tahun ini,” ucap Rakhmadani Hidayat.

Jalan utama yang menghubungkan kedua desa tersebut berpanjang 33 km, dengan sebagian telah dibeton dan sisanya masih soil cement. Kecamatan Tabang berinisiatif mengajukan proposal ke Pemkab Kukar untuk meningkatkan kualitas jalan-jalan yang masih soil cement menjadi beton, sebagai langkah antisipasi terhadap kerusakan jalan akibat kondisi tanah yang tidak stabil. (adv)