Pendidikan jadi Gerbang Desa Embalut Entaskan Kemiskinan

kades embalut yahya

Kukar, reviewsatu.com – Desa Embalut mengedepankan pendidikan sebagai senjata utama dalam perang melawan kemiskinan. Dengan memprioritaskan peningkatan kualitas pendidikan, desa ini berharap untuk membuka jalan bagi kemakmuran dan masa depan yang lebih baik bagi warganya.

Yahya, Kepala Desa Embalut, menguraikan strategi desa dalam memajukan pendidikan sebagai alat pengentasan kemiskinan. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan kami, dari PAUD hingga SMA, sebagai fondasi untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Kami juga berencana untuk membangun gedung SMK baru yang akan menyediakan pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal,” ujarnya.

Rencana pembangunan universitas di Tenggarong Seberang juga merupakan bagian dari strategi ini, dengan tujuan untuk memberikan akses pendidikan tinggi yang lebih luas. “Kami ingin anak-anak kami memiliki ilmu dan keterampilan yang siap digunakan di tempat kerja, yang akan membantu mengurangi tingkat kemiskinan,” tambah Yahya.

Selain pendidikan formal, pemerintah Desa Embalut juga memfokuskan pada pengembangan keterampilan non-akademik. “Kami menyelenggarakan pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat warga, bekerja sama dengan perusahaan lokal, untuk menciptakan lapangan kerja baru,” kata Yahya.

Pemerintah desa juga mendukung bakat olahraga di kalangan anak-anak, dengan menyediakan fasilitas yang memadai. “Kami akan terus mendukung pengembangan bakat olahraga sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kualitas hidup warga,” tutur Yahya. (adv)