Samarinda Memperkuat Inisiatif CSR, Upaya Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Samarinda – Sri Puji Astuti, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, mengungkapkan bahwa inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di kota ini telah memasuki tahap baru.

“Kami telah mendirikan forum CSR dan saat ini sedang menentukan keanggotaannya,” ucap Sri Puji Astuti beberapa hari yang lalu.

Perusahaan-perusahaan besar, termasuk Pertamina dan sejumlah bank, telah berpartisipasi dalam program ini, memberikan kontribusi untuk renovasi fasilitas kesehatan dan penghijauan kota.

Namun, Sri Puji Astuti menyoroti bahwa masih ada perusahaan yang beroperasi di Samarinda namun berkantor pusat di luar kota, yang mempengaruhi keterlibatan mereka dalam program CSR lokal.

“Meskipun perusahaan-perusahaan ini beroperasi di Samarinda, kantor pusat mereka berada di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar, sehingga mereka kurang terlibat dalam kontribusi CSR, termasuk pajak lokal,” jelasnya.

Meski program CSR diharapkan dapat mendukung pembangunan kota, masih ada keraguan tentang seberapa efektif program ini dalam mengatasi masalah sosial yang ada.

“Kami masih mengevaluasi seberapa jauh CSR dapat membantu menyelesaikan masalah sosial di Samarinda,” pungkas Sri Puji Astuti. (Adv/DPRDSamarinda)