Disketapang Kukar Perkuat Program Nutrisi untuk Cegah Stunting

Kepala Disketapang Kukar, Sutikno.

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) memperbaharui program nutrisi yang mendorong konsumsi telur dan susu bagi anak-anak sekolah dasar. Program yang telah berjalan sejak tahun 2023 ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 dengan fokus yang lebih terarah.

Kepala Disketapang Kukar, Sutikno, mengungkapkan bahwa program yang awalnya direncanakan untuk meliputi 20 kecamatan, kini akan dikonsentrasikan pada 5 kecamatan di tahun 2024. “Kendala administrasi anggaran telah memaksa kami untuk memfokuskan program pada kecamatan Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Muara Badak, Samboja, dan Tenggarong Seberang,” kata Sutikno. Beliau menambahkan bahwa rencana tersebut akan diajukan kembali pada anggaran perubahan.

Delapan sekolah dasar di kecamatan-kecamatan tersebut telah dipilih sebagai sasaran program, dengan prioritas utama adalah anak-anak dari kelas 1 hingga 3 yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada sekitar 50 anak di setiap sekolah yang terlibat, dengan harapan dapat membantu mencegah stunting sejak usia dini, terutama di daerah dengan prevalensi stunting yang tinggi.

“Kami berharap dengan adanya program ini, anak-anak dapat menerima asupan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan mereka yang sehat dan optimal,” tutup Sutikno. (adv/jat/diskominfokukar)