Salehuddin: Telemedisin Solusi Kesehatan di Wilayah 3T

Samarinda, reviewsatu.com – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Salehuddin menyebut wilayah terpencil, terdepan, dan tertinggal (3T) butuh pelayanan kesehatan memadai. Solusinya adalah dengan menerapkan telemedisin di Benua Etam.

“Telemedisin dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan tenaga kesehatan di wilayah 3T,” kata Salehuddin di Samarinda, Selasa (21/11/2023).

Salehuddin mengatakan, telemedisin memungkinkan masyarakat di wilayah 3T untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter spesialis tanpa harus bepergian jauh. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya masyarakat, serta meningkatkan akses mereka terhadap pelayanan kesehatan berkualitas.

“Misalnya, untuk mendapatkan layanan kesehatan rumah sakit untuk spesialis, waktu pendaftaran bisa jadi sepekan atau lebih. Dengan telemedisin, kita bisa bertemu dokter lebih cepat dan mudah,” katanya.

Salehuddin juga mengatakan, telemedisin dapat bermanfaat untuk promosi kesehatan dan pencegahan penyakit menular atau tidak menular. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui telekonferensi.

“Telemedisin juga dapat digunakan untuk memantau kondisi pasien secara rutin, sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi,” katanya.

Salehuddin berharap, pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan dan mensosialisasikan telemedisin di Kaltim. Hal ini penting untuk memastikan bahwa masyarakat di seluruh wilayah, termasuk wilayah 3T, dapat mengakses pelayanan kesehatan berkualitas.

“Saya mengapresiasi langkah Dinas Kesehatan Kaltim yang telah meluncurkan layanan telemedisin gratis untuk wilayah pedalaman melalui Program Kesehatan Bergerak,” katanya.

“Upaya itu perlu diperluas ke daerah-daerah lain yang juga mengalami keterbatasan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (adv/arf/boy)