Konflik Israel-Palestina bisa Perkuat Jiwa Kebangsaan

Samarinda, reviewsatu.com – Anggota Fraksi Golkar DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono menanggapi konflik yang terjadi antara Israel-Palestina saat ini. Menurutnya konflik tersebut bisa menjadi semangat memperkuat jiwa kebangsaan, khususnya di mata internasional.

Hal ini disampaikan Sapto saat menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan kepada warga Jalan Perjuangan, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Rabu (8/11/2023).

“Kita harus bersimpati dengan saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami penindasan dan kekerasan dari Israel. Kita juga harus mendukung resolusi PBB menuntut penghentian perang,” ujar Sapto.

Namun, Sapto juga mengingatkan agar masyarakat tidak lupa dengan kondisi di dalam negeri, yang juga membutuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita ini bangsa yang besar dan kaya, tapi juga rentan terpecah belah oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI. Kita harus cerdas dan waspada terhadap paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” tegas Sapto.

Sapto menyampaikan bahwa nilai-nilai Pancasila harus dikembalikan ke dalam kurikulum pendidikan, agar generasi muda dapat memahami dan mengamalkan wawasan kebangsaan.

“Anak-anak kita harus tahu bahwa NKRI ini dibangun oleh berbagai suku, agama, dan golongan yang berjuang bersama-sama melawan penjajah. Kita harus menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita, karena itu adalah kekayaan bangsa kita,” tutur Sapto.

Sapto berharap bahwa sosialisasi wawasan kebangsaan ini dapat memberikan pemahaman dan motivasi kepada masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan NKRI.

“Kita harus belajar dari Palestina, yang sampai sekarang masih berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dan kedamaian. Kita harus bersyukur bahwa Indonesia sudah merdeka dan damai, tapi kita juga harus berjuang untuk mempertahankannya,” seru Sapto. (advdprdkaltim/arf/boy)