Bupati Kukar Ajak Kepala Desa Kendalikan Inflasi

kepala desa kendalikan inflasi
Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengajak seluruh kepala desa untuk ikut andil mengendalikan inflasi di daerahnya.

Kepala desa diminta untuk memanfaatkan anggaran desa dan alokasi dana desa untuk mengendalikan harga bahan pangan di tingkat desa.

Edi mengatakan bahwa kepala desa harus ikut berkontribusi dalam menjaga daya beli masyarakat di desanya.

“Seluruh kepala desa harus memanfaatkan anggaran desa untuk menekan dan mengendalikan inflasi di desanya,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah, Senin (23/10/2023).

Bupati menjelaskan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh kepala desa untuk mengendalikan inflasi. Yaitu dengan mengumpulkan data harga harian, melakukan evaluasi tren kenaikan harga bahan pangan setiap pekan, dan memastikan kemandirian produksi dan distribusi bahan pangan.

“Langkah-langkah ini adalah bentuk antisipasi yang efektif untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan di desa,” ujar Edi.

Selain itu, Pemkab Kukar juga melakukan operasi pasar di 123 titik yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar.

Edi juga menyarankan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan koperasi desa bekerjasama dengan Bulog untuk mendistribusikan bahan pangan. Edi juga mendorong agar kepala desa mengaktifkan pasar desa atau pasar rakyat untuk memperluas jaringan operasi pasar.

“Kami harap kepala desa, pengurus BUMDes, dan koperasi bisa lebih aktif dalam mengakses bahan pangan sehingga cadangan pangan di desa bisa terpenuhi,” tutup Edi. (*/adv/kominfo_23)