Edi Damansyah Ikut Meriahkan Penutupan Erau Adat Pelas Benua

Bupati Kukar, Edi Damansyah setelah mengikuti perubuhan tiang ayu. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, telah berpartisipasi dalam upacara penutupan perhelatan Erau Adat Pelas Benua yang berlangsung pada Senin (2/10/2023). Upacara penutupan ini ditandai dengan perobohan tiang ayu dalam sebuah perayaan meriah.

Erau Adat Pelas Benua adalah kombinasi dari dua unsur utama, yaitu acara adat yang diselenggarakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan festival pesta rakyat yang dikoordinasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Selama satu minggu penuh Erau, masyarakat Kukar merasakan dampak positif yang signifikan, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar Kota Tenggarong. Hadirnya sejumlah besar pengunjung yang datang untuk menyaksikan Erau juga memberikan dorongan kuat bagi ekonomi lokal.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Erau Pelas Benua tahun 2023 selama satu pekan berjalan dengan lancar. Hari ini, kami berpartisipasi dalam upacara penutupan Erau dengan perobohan tiang ayu yang menandakan berakhirnya perayaan ini,” kata Edi.

Edi menekankan bahwa rangkaian acara Erau yang diselenggarakan oleh Kesultanan memiliki nuansa sakral, sementara yang dikelola oleh Pemkab bertujuan untuk meramaikan Erau Adat Pelas Benua. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai pergelaran seni, olahraga tradisional, pameran, dan hiburan rakyat.

Dalam kesempatan ini, Edi menegaskan komitmen Pemkab Kukar untuk mendukung dan melestarikan tradisi adat dan budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Pemkab juga memberikan dukungan bagi para seniman dan budayawan di Kukar.

“Kami berharap Erau Adat Pelas Benua semakin dikenal oleh masyarakat luas dan terus terjaga kelestariannya. Selain memberikan dampak positif pada budaya, acara ini juga memberikan manfaat ekonomi yang substansial bagi masyarakat kita,” pungkasnya. (adv/diskominfokukar/jat)