DLHK Kukar Gelar Aksi Bersih-Bersih Peringati World Cleanup Day 2023

Suasana kegiatan WCD 2023 (Istimewa)

Kukar,reviewsatu.com – Dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan aksi pungut sampah di Tenggarong Sebrang pada Jumat (29/09/2023).

Kegiatan yang melibatkan berbagai pihak seperti organisasi perangkat daerah (OPD), komunitas, stakeholder terkait, pelajar, dan masyarakat umum ini berfokus pada membersihkan sampah dari bawah jembatan Mahakam di Tenggarong hingga Pelabuhan Aji Imbut di Tenggarong Seberang.

World Cleanup Day adalah gerakan global yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk bersama-sama membersihkan lingkungan secara serentak. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 16 September.

Alfian Noor, Kepala DLHK, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan budaya hidup sehat dan bersih di tengah masyarakat. “Gerakan ini adalah wujud kepedulian terhadap masalah sampah yang semakin meningkat. Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka,” kata Alfian Noor.

Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Kukar dalam meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Alfian Noor juga mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah rumah tangga dengan memilah sampah sesuai jenisnya sejak dari rumah. “Dengan memilah sampah sejak awal, kita dapat memudahkan proses pengelolaan sampah dan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya,” pungkasnya. (adv/jat)