Siap-Siap, Beli Elpiji Tiga Kilogram Bakal Pakai Barcode

Samarinda, reviewsatu.com – Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan berencana menerapkan sistem pembelian tabung gas LPG 3 Kg dengan menggunakan sistem barcode.

Upaya ini dilakukan guna mendistribusikan tabung gas bersubsudi lebih tepat sasaran. Arya Yusra Dwicandra, Manager Commrel & CSR Pertamina Patra Niaga Area Kalimantan menuturkan bahwa sebelumnya melalui program bernama Tepat ini sudah dilakukan pada distribusi Solar bersubsidi pada Maret 2023 lalu. Rencananya untuk tabung gas LPG 3 Kg akan diterapkan pola yang sama.

“Sebagai upaya memberikan subsidi ini tepat sasaran, rencananya pembelian gas LPG 3kg nanti menggunakan sistem barcode. Utamanya bagi masyarakat kurang mampu dan pelaku UMKM,” paparnya ditemui belum lama ini.

Menurut Arya, memangnya untuk di Kaltim penerapannya direncanakan pada bulan Oktober 2023 mendatang. Namun saat ini pihaknya masih melakukan uji coba di wilayah Kalimantan Selatan.

“Saat ini di Kaltim memang belum diterapkan, karena jumlah masyarakatnya cukup banyak sehingga kita lakukan uji coba di daerah lainnyang relatif tidak terlalu banyak,”

Sementara itu terkait ketersediaan stok gas LPG jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah nanti Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan stok untuk masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat yang mampu agar beralih ke Bright Gas yang merupakan gas LPG non subsidi. Sehingga masyarakat yang seharusnya berhak mendapatkan Gas LPG non Subsidi bisa menerima seperti yang seharusnya,” ungkap Arya. (Sam)