Disdukcapil Ingatkan Warga Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

disdukcapil

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini tengah mendorong masyarakat agar segera melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Bahkan, guna mempercepat proses aktivasi IKD, Disdukcapil Kukar hingga melakukan metode layanan jemput bola atau langsung mendatangi masyarakat.

Kepal Dinas (Kadis) Disdukcapil, Muhammad Iryanto mengatakan bahwa, saat ini telah ada 8 ribu orang yang telah melakukan aktivasi IKD. Angka itu disebutkannya merupakan yang tertinggi di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kita ingin cepat merealisasikan penerapannya ditengah-tengah masyarakat. Makanya kita lakukan jemput bola turun ke masyarakat,” ucap Iryanto saat dikonfirmasi Kamis (13/4/2023).

Ia mengungkapkan bahwa, aktivasi IKD ini merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh pihaknya atas keterbatasan blanko KTP fisik. Karena, disebutnya aktivasi IKD sebagai pengganti elemen data pada KTP tanpa mengganti isi KTP.

Berbagai keuntungan dikatakannya dapat dinikmati oleh masyarakat yang mengaktifkan IKD. Sebab, IKD terintegrasi dengan data yang afa di kartu keluarga, BPJS hingga Kartu Pemilih Pemilu.

Sehingga penggunanya dikatakan Iryanto tidak perlu khawatir jika lupa membawa indentitas diri atau data lainnya, karena aplikasi ini dapat di download dengan mudah. Bahkan jika masih dibutuhkan pengumpulan berkas secara fisik, kita dapat mendownloadnya atau cukup hanya dengan di scan untuk berbagi data KTP.

“Nah jadi selama punya smartphone, masyarakat bisa mengakibatkan dan menggunakan IKD,” jelasnya.

Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang terdapat dari IKD, Ia menghimbau kepada masyarakat agar segera melakukan aktifasi IKD. Bagi yang ingin melakukan aktifasi bisa datang ke Disdukcapil, MPP Kukar, dan di kantor kecamatan.

“Karena kan ada sistem layanan yang terintegrasi, jadi tinggal ngomong sama petugasnya. Nanti akan dilayani dan layanan aktifasi ini dibuka selama jam kerja,” pungkasnya. (adv/jat/boy)