Puji Setyowati, Dorong Sosialisasi Vaksin HPV untuk Anak Sekolah

Samarinda, reviewsatu.com – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati menyebut pentingnya sosialisasi vaksinasi HPV (Human Papillomavirus) untuk anak sekolah.

Ia mempertimbangkan bahwa meskipun vaksin HPV telah diberikan kepada anak sekolah di Kalimantan Timur (Kaltim), tingkat partisipasi anak perempuan dalam program vaksinasi ini masih rendah. Puji Setyowati menjelaskan bahwa perlu upaya lebih lanjut untuk mengkoordinasikan sosialisasi vaksinasi HPV melalui sekolah. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya vaksinasi HPV, terutama untuk anak perempuan. Ia menekankan bahwa vaksinasi HPV kini sudah tersedia secara gratis, sehingga alasan biaya tidak lagi menjadi kendala.
“Program promosi yang dilakukan oleh masyarakat, termasuk kelompok relawan dan kader dasawisma, dapat dilibatkan dalam upaya mensosialisasikan vaksin HPV kepada masyarakat. LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di masyarakat juga dapat menjadi mitra yang aktif dalam menyebarkan informasi ini,” kata Puji.

Pihak sekolah juga memiliki peran penting dalam mensosialisasikan vaksinasi HPV kepada siswa dan orang tua. Mereka dapat memberikan informasi yang tepat dan memberikan dukungan dalam proses vaksinasi.

Vaksinasi HPV penting karena dapat melindungi anak perempuan dari risiko infeksi virus yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks. Oleh karena itu, meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam program vaksinasi ini adalah langkah yang krusial dalam upaya pencegahan kanker.

Puji Setyowati menegaskan bahwa pemahaman yang lebih baik tentang manfaat vaksin HPV, serta upaya sosialisasi yang kuat, akan membantu mencapai tingkat partisipasi yang lebih tinggi dalam program vaksinasi di Kaltim.

“Melalui kerja sama antara pemerintah, masyarakat, LSM, dan sekolah, diharapkan bahwa anak perempuan di wilayah ini dapat lebih banyak yang mendapatkan manfaat dari vaksin HPV, menjaga kesehatan mereka di masa depan,” pungkasnya. (advdprdkaltim/arf/boy)